Jakarta, 16 November 2025 — Plaza Timur Gelora Bung Karno dipenuhi 12.000 peserta sejak pukul 04.30 pagi dalam rangka Puncak Peringatan Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2025 yang diselenggarakan oleh PB PEROSI bersama Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta mitra strategis Anlene – Fonterra Brands Indonesia. Kegiatan tahun ini menjadi bagian dari kampanye nasional OsteoWalk 10.000 Langkah, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang, sendi, serta otot.
Kampanye OsteoWalk 10.000 Langkah tahun 2025 digelar di tiga kota besar yaitu Medan, Jakarta, dan Surabaya dengan target partisipasi hingga 22.000 peserta. Seluruh kegiatan mengusung semangat #AktifTanpaBatas, mendorong masyarakat untuk hidup lebih aktif dan sadar akan pentingnya pencegahan osteoporosis sejak usia muda.

Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), Dr. dr. Tirza Z. Tamin, Sp.KFR, M.S(K), FIPM(USG), menjelaskan “Sering disebut sebagai “silent disease”, osteoporosis hampir tidak menimbulkan gejala pada tahap awal, namun dapat meningkatkan risiko patah tulang yang bisa mengganggu kualitas hidup seiring bertambahnya usia. Karena itu, penting untuk melakukan pencegahan sejak dini. Aktivitas sederhana seperti berjalan atau melakukan latihan weight bearing dapat membantu menjaga kepadatan tulang, memperkuat sendi, dan meningkatkan daya tahan otot. Mari jadikan gaya hidup aktif, pemenuhan nutrisi, dan pemeriksaan tulang secara rutin sebagai kebiasaan karena kesehatan adalah investasi terbaik yang bisa kita lakukan.”
President Director Fonterra Brands Indonesia, Yauwanan Wigneswaran menyampaikan “Selama lebih dari 20 tahun, dari generasi ke generasi, Anlene™ secara konsisten memberikan edukasi dan mengkampanyekan pentingnya mencegah Osteoporosis dan aktif bergerak. Hasil survei terhadap lebih dari 500.000 orang di 16 kota di Indonesia menunjukkan bahwa mereka yang minum Anlene™ memiliki risiko osteoporosis 2 (dua) kali lebih rendah dibanding yang tidak minum Anlene™. Kami bangga dapat kembali menghadirkan Anlene™ OsteoWalk 10.000 Langkah di Jakarta, setelah sebelumnya sukses digelar di Medan. Melalui kampanye ini, kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai melakukan pencegahan sejak usia muda karena ini sangat penting, tetap aktif bergerak, dan rutin minum Anlene™ 2 (dua) kali sehari.”
Kegiatan dimulai dengan pemanasan bersama PEROSI, dilanjutkan Flag Off OsteoRun 5K pada pukul 06.05 dan OsteoWalk 10.000 Langkah pada pukul 06.15. 12.000 peserta dari berbagai usia tampak antusias menyelesaikan rute sambil menikmati suasana pagi di area GBK.

Di sela acara, para peserta dapat mengikuti berbagai aktivitas seperti pemeriksaan kesehatan tulang, sendi, dan otot yang dibantu oleh dokter dari PEROSI untuk membantu mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan tulang, dan juga masih banyak kegiatan yang lainnya, seperti:
1. Pemeriksaan tulang gratis
2. Talkshow bersama dokter-dokter PEROSI
3. OsteoRobic
4. Penampilan Wali Band dan Sastra Silalahi
5. Doorprize dan grand prize
Acara juga dimeriahkan oleh Indy Barends, yang telah terlibat dalam kampanye osteoporosis selama 20 tahun.
Sebagai penutup rangkaian kegiatan, para pemangku kepentingan, peserta, dan tamu undangan menandatangani Commitment for National Osteoporosis Day, sebagai simbol kolaborasi jangka panjang dalam pencegahan osteoporosis nasional.
Dengan terselenggaranya acara HON 2025, PB PEROSI berharap upaya kolaboratif lintas sektor ini dapat memperkuat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan tulang dan mendorong gaya hidup aktif yang berkelanjutan.